Senin, 16 November 2015

Makanan Super Yang Bisa Mencegah Kanker

Makanan super yang bisa mencegah kanker ini dapat ditemukan dengan mudah di sekeliling Anda, namun jangan ditanya tentang khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Bawang putih
Siapa pun yang berpikir napas bawang putih akan baik untuk Anda? Senyawa sulfur yang menyebabkan bau ternyata juga dapat menghentikan zat penyebab kanker di dalam tubuh Anda, dan membantu perbaikan DNA, serta dapat membunuh sel kanker. Bawang putih juga dapat memerangi bakteri H. pylori penyebab kanker perut sehingga mengurangi risiko kanker usus besar.

Brokoli
Brokoli dan sayuran lainnya seperti kubis, kale, kembang kol mengandung fitokimia yang disebut glukosinolat, yang memproduksi enzim pelindung yang dilepaskan ketika Anda mengunyah sayuran mentah. Salah satu yang paling protektif dari enzim ini adalah sulforaphane dan Brokoli adalah sumber terbaik dari senyawa ini. Para ilmuwan meneliti bagaimana sulforaphane dapat mengurangi risiko kanker, dari detoksifikasi zat-zat berbahaya (seperti asap dan polutan lingkungan lainnya) dalam tubuh.

Tomat
Warna merah pada tomat memang selalu membuat menarik untuk dimakan dan ternyata tomat merupakan senjata potensial terhadap kanker prostat. Warna merah tomat berasal dari fitokimia yang disebut likopen, sebuah antioksidan kuat, yang sebagian besar terkonsentrasi di tomat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa  mengkonsumsi makanan kaya likopen berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat. Para peneliti berspekulasi bahwa likopen melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan mereka menduga likopen menghentikan pertumbuhan tumor dengan mengganggu pertumbuhan sel yang tidak normal, menurut American Institute for Cancer Research.

Baca juga : Obat Herbal Penyakit Miom K-Muricata

Stroberi
Dalam penelitian terbaru, ekstrak beri memperlambat pertumbuhan sel kanker; khususnya stroberi dan raspberry hitam memiliki dampak terbesar pada sel-sel kanker usus besar. Stroberi kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan asam ellagic. Dalam tes laboratorium, asam ellagic tampaknya memiliki sifat antikanker, yang menghancurkan zat-zat penyebab kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Mereka juga mengandung flavonoid, yang menekan enzim yang merusak DNA dan telah dikaitkan dengan kanker paru-paru. Jenis lain yang kaya akan flavonoid, adalah: raspberry, blackberry, blueberry, dan cranberry. Blueberry mengandung senyawa antosianin, yang mengurangi peradangan dan merupakan salah satu antioksidan yang paling kuat.

Wortel
Wortel mengandung beta-karoten yang dapat melindungi membran sel dari kerusakan toksin dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dan wortel memberikan vitamin dan fitokimia yang mungkin menjaga terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan kanker perut. Beberapa studi menunjukkan wortel juga melindungi terhadap kanker serviks, mungkin karena mereka menyediakan antioksidan yang dapat melawan HPV (human papilloma virus), penyebab utama kanker serviks.

Bayam
Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang menghapus molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dari tubuh Anda. Mereka ditemukan di bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya, dan beberapa studi menunjukkan bahwa mereka bisa melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan perut.

Sumber: www.webmd.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda